Perkembangan Generasi Komputer Sebelum Tahun 1940

Perkembangan Generasi Komputer Sebelum Tahun 1940


perkembangan generasi komputer sebelum tahun 1940 - perkembangan generasi komputer sebelum tahun 1940 pada dasarnya digunakan untuk alat bantu menghitung. jadi tidak ada salahnya menyebut sebuah kalkulator menjadi komputer. simak penjelasan singkat berikut

1. Abacus
     
abacus

 muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. 

alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan. seiring munculnya pensil dan kertas terutama di eropa, abacus kehilangan popularitasnya. biasanya di indonesia sendiri alat ini disebut sampoa


2. Kalkulator roda numerik 1
     
kalkulator roda numerik 1
  setelah hampir 12 abad.muncul penemuan baru dalam hal mesin komputasi. pada tahun 1642 Blaise Pascal (1623-1662), yang pada saat itu berumur 18 tahun menemukan kalkultor roda numerik( numerical wheel calculator).

 untuk membant ayahnya menghitung pajak. ada bagian kotak persegi yang disebut dengan pascaline dan juga memuat 8 digit. kelemahan dari roda numerik 1 ini yaitu hanya bisa untuk penjumlahan.

3. Kalkulator roda numerik 2

 pada tahun 1694, matematikawan dan filsuf jerman Gotfred wilhem von leibnis(1646-1716) memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.

 alat ini masih memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya seperti masih menggunakan roda bergerigi.

4. Kalkulator mekanik
       
kalkulator mekanik
Charles xavier de colmar menemukan mesin yang dapat melakukan 4 fungsi aritmatik yaitu penjumlahan, pengurangan , perkalian , pembagian.

 mungkin pada alat inilah masa keemasan suatu mesin komputasi pada tahun sebelum tahun 1940

Previous
Next Post »