kenali multimedia dan prospek kerjanya

    pernah dengar multimedia? dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan semakin besarnya kebutuhan tenaga dalam bidang teknologi informasi. oleh karena itu banyak sekolah kejuruan atau smk memunculkan jurusan ini sebagai jurusan baru. munculnya jurusan ini bukan  main main belaka, tetapi untuk memenuhi kebutuhan tenaga dalam bidang teknologi informasi yang semakin pesat.


                                                     "apa multimedia itu"

dalam arti yang cukup luas, multimedia adalah suatu pembelajaran mengenai segala media. dalam wikipedia indonesia multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan enggabungkan teks suara gambar animasi audio dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi berkarya dan berkomunkasi. 

fotografi, editing video, gambar gambar gak jelas, apakah yang anda pikir tentang multimedia seperti itu, justru itu salah besar. multimedia nggak melulu bahas itu kok. selain itu multimedia juga dapat dikolaborasikan dengan tkj atau teknik komputer jaringan. bukan hanya membahas software komputer saja tetapi juga mempelajari bagaimana merakit komputer dan mengenali jaringan pada komputer dan yang lainnya. disekolah smk saya yaitu smkn 2 pati juga begitu tidak hanya melulu tentang multimedia itu sendiri, walaupun saya belum tahu tentang seluk beluk jurusan multimedia disekolah lain apakah lebih dari yang saya tuturkan.


untuk siswa yang sudah mengambil jurusan multimedia, mungkin mereka merasa senang karena bisa mempelajari dua bidang sekaligus. untuk siswa yang ingin mendaftarkan diri ke smk bisa memilih jurusan multimedia sebagai jembatan ke masa depan yang lebih baik. walaupun setiap harinya tidak selalu membahas multimedia karena sekolah dismk juga mempelajari pelajaran formal biasa. tetapi tak usah risau, atau takut pada jurusan ini, pembelajaran multimedia malah begitu mengasikan. melatih kretivitas individu. 



"Prospek Kerja Seorang Multimedia"

dan hal ini mungkin perlu sekali diperhatikan, massih banyak orang tua berpikir kalau mengambil jurusan multimedia mau bekerja jadi apa, masih terselip kekhawatiran dihati orangtua apabila anaknya tidak mendapat pekerjaan atau mendirikan sebuah usaha. pekerjaan dibidang multimedia bisa dibilang baru dibanding dibidang atau jurusan lain seperti otomotif, elektronika dan yang lainnya. pekerjaan di multimedia itu sendiri muncul karena adanya perkembangan teknologi yang semakin maju. nah dengan perkembangan itulah memunculkan sebuah pekerjaan.

1. Desain grafis



desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar mapun tulisan untuk menyampaikan sebuah pesan  dengan semenarik mungkin. biasanya jasa desain grafis diperlukan untuk memberi tampilan pada produk komersial. menjadi seorang desain grafis tidaklah sulit apabila dilakukan dengan niat dan kreativitas yang tinggi.


2. Animator.
menjadi seoarang animator adalah pekerjaan yang bisa dilakukan apabila tidak ingin mengambil pekerjaan yang lain. menjadi seorang animator juga harus mempuyai kreativitas. animator dapat bekerja diberbagai bidang seperti televisi, fim, video game, internet dan lain sebagainya. hasil karya sebuah animasi tergantung pada keahlian si pembuat.

3. Fotografer dan video shooting

profesi lain yang tak kalah kerennya yaitu menjadi fotografer. menjadi seorang fotografer haruslah mempunyai keahlian dalam penggunaan kamera atau sejenisnya. biasanya hasil jepretannya tersebut dijual untuk cover majalah, selain itu pekerjaan ini juga diperlukan dalam sesi foto pre wed atau sejenisnya. selain fotografer ada saudaranya yaitu video shooting. tak kalah kerennya video shooting biasanya beraksi dalam sebuah acara untuk mengenang peristiwa tersebut.

4. pekerjaan di stasiun tv

jangan berpikiran bekerja di stasiun televisi hanya memegang alat yang bernama kamera. benar juga tetapi di dunia pertelevisian tidak hanya seorang kameramen yang diandalkan. contohnya seperti memerlukan jasa editing, animasi, desain grafis dan masih banyak yang lainnya.

5. pekerjaan kreativ lainnya

 tujuan pokoknya seorang lulusan smk harus memiliki jiwa wirausaha, contoh dalam bidang multimedia kita bisa membangun usaha  seperti video shoting, percetakan, komikus, usaha clothing dan masih banyak lagi tergantung kreativitas dan peka terhadap peluang.

selain itu kalian juga dapat menggunakan keahlian yang kita terima di multimedia, untuk mencari pekerjaan.


tentukan pilihanmu sekarang!!






Oldest