Perangkat input komputer beserta fungsi lengkap

perangkat input komputer besert fungsi lengkapperangkat output adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkmunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna

tanpa kehadiran perangkat output, kegiatan komputasi tidak bisa berjalan, oleh karena itu perangkat output sangatlah penting. perangkat output pada komputer memang ada banyak, berikut jurnalmultimedia merangkumnya

perangkat input komputer beserta fungsi lengkap


1. keyboard

sebuah perangkat penting pada komputer adalah keyboard, keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf , angka, dan karakter khusus.

 penciptaan keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan oleh christopher latham pada tahun 1868 dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasrkan oleh perusahan Remington.
jenis jenis keyboard:
  • QWERTY
  • DVORAK
  • KLOCKENBERG
Perangkat input komputer beserta  fungsi lengkap

2. mouse


mouse adalah salah satu unit masukan input device komputer. fungsi alat ini yaitu untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. selain itu sebagai perintah prakis dan cepat dibanding dengan touchpad dan keyboard.
Perangkat input komputer beserta  fungsi lengkap

3. touchpad 


touchpad dapat kita temui di laptop, notebook. fungsi alat ini sama dengan mouse tetapi hanya dibedakan penggunaannya.

4. lightpen


lighpen adalah pointer elektronik yang dignakan untuk modifiasi dan mendesain gambar gambar. lighpen biasa digunakan saat pembuatan sebuah animasi.

5. joystick dan games paddle


alat ini digunakan pada saat bermain game komputer. dengan menggunakan joystick maupun games paddle bermain games di komputer menjadi lebih angasikkan.

6. barcode


funsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk garis garis atau kotak kotak, yang kemudian diterjemahkan  kedalam sebuah angka atau huruf.

7. scanner


scanner adalah sebuah alat yang dapat mengcopy atau menyalin ambar atau teks  yang kemudian disimpan kedalam memory komputer yang kemudian menjadi sebuah file.


Perangkat input komputer beserta  fungsi lengkap

8. camera digital


teknologi semakin canggih sehingga komputer dapat menerima input dari camera digital. fungsi dari kamera itu sendiri yaitu mengambil sebuah gambar atau objek.

9. mikrofone


mikrofone berfungi merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer

10. grapich pads


sebuah alat yang berfungsi seperti lightpen yaitu untuk mendesain sebuah objek atau gambaran 
Perangkat input komputer beserta  fungsi lengkap
baca juga : 
perangkat output dan fungsinya
didalam monitor ada apa sih? yuk cari tahu 

Previous
Next Post »